Sabtu, 06 Juli 2013

Perangkat Keras Komputer (Hardware) dan Pengertiannya

kali ini ane mau ngejelasin tentang  Perangkat keras komputer (hardware) . buat ente yang pengen belajar tentang hardware silakan baca artikel ini.
pertama-tama pengertian Perangkat keras komputer (hardware) itu adalah semua bagian komputer dalam bentuk fisiknya,  dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. biar kaga buang-buang waktu, mending langsung ke TKP aja dahh .. let's cekidot .
berikut adalah macam-macam hardware beserta fungsinya :
1. Processor
Processor disebut juga otak dari komputer semakin bagus tipe processor maka semakin mahal pula komputer, maka processor disebut juga sebagai inti dari komputer. Fungsi processor sendiri adalah untuk memproses semua kegiatan yang dilakukan komputer, yang direquest pengguna.


 
2. motherboard / mainboard
adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau notebook dan biasa dikenal dengan kata mobo.

3. Chipset
Komponen pada motherboard yang yang satu ini kebanyakan terdiri atas dua buah chip, north bridge dan south bridge.
Fungsi utama chipset adalah mengatur aliran data antarkomponen yang terpasang pada motherboard. Dua buah chipset yang biasanya ada pada motherboard sendiri punya tugas yang berbeda satu dengan yang lain.
Chip pada north bridge berfungsi untuk mengatur aliran data dari dan ke prosesor, bus AGP, dan memori utama sistem. Sementara, chip yang south bridge mengatur aliran data dari peranti input output, bus PCI, interface harddisk, dan floppy, serta peranti eksternal lainnya. Berhubung chip north bridge lebih vital kerjanya dibanding south bridge, tak heran jika chip inilah yang dipasangi heatsink, fan, ataupun kombinasi heatsink dan fan oleh pabrik pembuatnya.

4. AGP
Singkatan dari Accelerated Graphics Port. biasa di sebut juga dengan VGA card . Fungsinya adalah menyalurkan data dari kartu grafis ke CPU tanpa harus melalui memori utama, dengan demikian proses pengolahan data grafis dapat dipercepat. Kelebihan lain AGP ini adalah kemampuannya untuk mengeksekusi texture maps secara langsung dari memori utama.

5. Soket Memori
Soket ini merupakan tempat untuk menempatkan memori pada motherboard. Soket memori memiliki bentuk yang berbeda untuk jenis memori yang berbeda pula. Kebanyakan motherboard memiliki slot sebanyak 3 atau 4 buah, tergantung dari chipset yang digunakan. Untuk memori SDRAM, soket DIMM yang harus dimiliki adalah soket 168 pin, sementara untuk memori jenis DDR, soket yang dipasang adalah soket 184 pin.

6. Soket Prosesor
Merupakan tempat untuk menaruh prosesor.

7. CMOS
Singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconductor. Dari bentuknya sudah kelihatan, ia merupakan komponen berbentuk IC (integrated circuit) Yang fungsinya menampung setting BIOS dan dapat tetap menyimpan settingan pada bios.

8.Power Supply
Fungsinya untuk menyuplai tenaga kepada semua komponen yang tersambung pada motherboard. 

9. Socket Power Supply
Berfungsi untuk menyambungkan tombol/ saklar dan indicator pada casing ke motherboard. konektor ini berfungsi sebagai penyuplai tenaga dari power supply ke motherboard.

10. USB Port
Untuk menghubungkan device yang mensupport Usb agar terdeteksi pada komputer .
seperti: Flashdisk, mouse&keyboard USB, harddisk External, Kabel data, Dan perangkat lainnya

11. RAM ( Random Acces Memory )
adalah memory utama didalam sebuah komputer yang digunakan untuk media penyimpanan sementara saat komputer dalam keadaan hidup. RAM sering disebut sebagai memori utama komputer, Fungsi RAM adalah sebagai pendukung dan pelayan bagi prosesor dalam melakukan proses komputing. salah satu Hardware utama yang Harus ada untuk kelengkapan suatu rangkaian Hardware komputer.
 

12. HARDDISK
adalah media penyimpanan yang di desain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar.Hal ini dilatar belakangi adanya program aplikasi yang tidak memungkinkan berada dalam suatu disket dan juga membutuhkan media penyimpanan berkas misalnya suatu database suatu instansi.

13. Slot PCI
adalah kepanjangan dari peripheral Component interconnect.yaitu bus yang didesain untuk menangani bebrapa perangkat keras. Slot PCI bisa di gunakan untuk berbagai keperluan seperti untuk pemasangan Tv tuner, Sound card,USb card dll.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar