Minggu, 07 Juli 2013

Mengenal Karakteristik Dan Jenis DIODA


ASSALAMUALAIKUM WR WB
Apa kabarnya nech.....sahabat sahabat saya semua di manapun berada . jumpa lagi dengan saya pemilik blog yg sederhana ini . Tidak terasa hampir dua pekan ini saya tidak update di sebabkan banyak pekerjaan yg harus saya selesaikan dan alhamdulillah hari ini saya hadir kembali menyapa teman teman semua.
Oh iya sobat...postingan saya kali ini masih di kategori yg sama yakni BELAJAR ELEKTRONIK dan artikel ini saya beri judul Mengenal Karakteristik (sifat) DIODA yang mana keterangan ini saya kutip dari catatan saya sewaktu belajar/kursus elektronik . dan catatan tersebut masih saya simpan sampai sekarang . untuk lengkapnya mari kita pelajari secara berjamaah.
Dioda

Dibawah ini contoh gambar dioda saya kutip dari berbagai sumber . Dan saya minta maaf gambar sengaja di perkecil untuk menghemat tempat . KLIK gambar untuk memperbesar
wallpaper wallpaper wallpaper wallpaper
wallpaper" walpaper walpaper walpaper
Dioda adalah komponen yg paling sederhana dalam keluarga semikonduktor . Dioda juga merupakan komponen elektronika yang sering di perlukan dalam suatu rangkaian elektronik . Maka dari itu perlulah kita untuk mengenalnya baik dari bentuk fisiknya , fungsi serta jenisnya . Dioda dapat di bedakan menjadi beberapa jenis antara lain :
  1. Dioda Germanium
  2. Dioda Silikon
  3. Dioda Silenium
  4. Dioda Zener
  5. Dioda Cahaya atau LED
Dioda germanium mempunyai katakteristik atau sifat diantaranya :
  1. Bentuk fisiknya kecil
  2. Digunakan untuk rangkaian yg power outputnya besar
  3. Tahan terhadap tegangan tinggi max 500 volt
  4. Tahan terhadap arus besar max 10 ampere
  5. Tegangan yg hilang hanya 0,7 volt saja.
Dioda silikon mempunyai karakteristik atau sifat sbb :
  1. Bentuk fisiknya kecil
  2. Sering di pakai dalam rangkaian adaptor sebagai perata arus, dapat juga digunakan sebagai saklar elektronik
  3. Tahan terhadap arus besar max sekitar 150 ampere
  4. Tahan terhadap tegangan tinggi max 1000 volt
Dioda silenium mempunyai karakteristik sbb :
  1. Bentuk fisiknya besar
  2. sering kali di pakai sebagai penyearah arus pada sepeda motor yg menggunakan accu
  3. Tidak tahan pada tegangan tunggi. hanya tahan pada tegangan menengah sekitar max 30 volt saja
  4. Tidak tahan terhadap arus yg besar . hanya tahan pada arus max 0,5 ampere
  5. Tegangan yg hilang 1 volt
Dioda zener mempunyai karakteristik sebagai berikut :
  1. Bentuknya kecil
  2. Sering digunakan sebagai catu daya , stabilisator tegangan dan lain sebagainya
  3. Tahan pada tegangan max 0,7 sampai 11 volt
  4. Hanya tahan pada arus kecil max sekitar 1 miliampere sampai 50 mili ampere
  5. Tegangan yg hilang pada suatu penghantar hampir tidak ada
Dioda cahaya atau LED mempunyai karaktetistik sebagai berikut :
  1. bentuk fisiknya tidak besar
  2. Jika mendapat tegangan oanjar maju , dioda akan mengemisi cahaya
  3. Hanya tahan pada tegangan panjar maju max 1,5 sampai 2 volt
  4. Hanya tahan pada arus kecil max 20 ampere
  5. Tegangan yg hilang hampir tidak ada
Nah.....sahabat sahabat saya semua , sekiranya inilah keterangan-keterangan yg dapat saya sampaikan , dan sebenarnya masih ada lagi jenis dioda lainnya yg tidak saya sertakan disini di karenakan kekurangan dan keterbatasan saya . oleh karna itu saya mohon maaf yg sebesar-besarnya. Demikianlah postingan saya ini dan mudah-mudahan keterangan yg saya sampaikan ini . kiranya berguna dan bermanfaat bagi kita semua , setudaknya untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita dalam mengenal karakteristik atau sifat-sifat dioda. TERIMA KASIH
Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar