Jumat, 05 Juli 2013

10 Cara Merawat Flashdisk Agar Tetap Awet

Falshdisk sebagai media penyimpanan portable saat ini sudah tidak bisa terlepaskan dari kegiatan kita sehari-hari yang berkaitan dengan komputer. Selain sebagai media penyimpanan flashdisk juga menjadi media transfer data yang cukup populer karena penggunaannya yang praktis dan mudah. Kapasitas penyimpanan sebuah flashdisk juga telah mengalami peningkatan yang cukup tinggi dibandingkan dengan saat pertama kali kemunculannya dengan kapasitas beberapa MB hingga saat ini telah tersedia dengan kapasitas puluhan GB.
10 Cara Merawat Flashdisk Agar Tetap Awet
Namun ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan flashdisk. Cara perawatan flashdisk yang benar akan membuatnya lebih awet. Berikut ini kami sampaikan beberapa tips untuk merawat flashdisk Anda.
  1. Saat meletakkan flashdisk hindarkan dari tempat yang mempunyai medan magnet tinggi, misalnya speaker aktif pada komputer yang mempunyai komponen magnet. Hal ini penting agar data yang tersimpan dalam flashdisk tidak terganggu.
  2. Saat tidak sedang dipakai simpan flashdisk di tempat yang bersih dan kering. Hindarkan flashdisk dari daerah yang lembab atau kotor untuk menghindari berkaratnya komponen di dalamnya.
  3. Selalu backup data yang ada di flashdisk untuk menghindari kehilangan data saat flashdisk terkena virus, rusak, atau hilang.
  4. Saat menggunakan flashdisk untuk keperluan transfer data dari komputer lain, terlebih dahulu lakukan scan dengan antivirus yang ada pada komputer Anda. Langkah ini cukup efektif untuk mencegah menyebarnya virus antar komputer.
  5. Sebisa mungkin hindari jatuhnya flashdisk ke benda keras agar komponen di dalamnya tidak cepat rusak.
  6. Sebelum mencuci baju periksa dengan teliti saku baju dan celana, karena kebiasaan mengantongi flashdisk seringkali menyebabkan flashdisk ikut terendam bersama pakaian saat akan dicuci.
    Flash Disk
  7. Lakukan prosedur eject atau stop flashdisk sebelum mencabutnya dari komputer.
  8. Jangan terlalu sering melakukan format flashdisk, karena hal ini menyebabkan berkurangnya batasan hapus dan tulis pada flashdisk tersebut sehingga akan cepat rusak.
  9. Pilih flashdisk dengan tutup yang terkait dengan badan flashdisk. Atau jika Anda mempunyai flashdisk dengan tutup terpisah usahakan untuk memberikan tali agar tutup tidak mudah hilang. Tanpa tutup flashdisk lebih rentan terhadap keadaan lingkungan seperti dingin dan lembab yang akan mempercepat korosi komponen.
  10. Untuk mengoptimalkan kinerjanya, sesekali lakukan defrag pada flashdisk sama seperti pada harddisk untuk merapikan sususan penyimpanan file.
Demikian beberapa cara merawat flashdisk untuk menjaganya tetap awet dan bertahan lama untuk digunakan sebagai media penyimpanan dan transfer data.

2 komentar:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar