Jumat, 05 Juli 2013

Mengenal Pengertian VGA Card dan jenisnya

Pengertian VGA Card

Anda yang berkutat dengan komputer tentu tidak asing dengan istilah VGA card. VGA card adalah sebuah perangkat keras yang melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan pada layar monitor. VGA singkatan dari Video Graphic Accelerator, sesuai dengan fungsinya diatas. VGA card berhubungan langsung dengan tampilan di layar monitor. Kata “card” menunjukkan bahwa bentuk VGA card mirip dengan kartu yang ditancapkan pada slot yang ada di motherboard komputer anda.
pengertian VGA Card
Struktur VGA mirip dengan komputer yang sangat kecil. VGA card memiliki prosesor yang disebut dengan GPU atau Graphic Processing Unit ditambah dengan memori di dalamnya. Prosesor ini akan panas jika dialiri listrik saat bekerja, sehingga dibutuhkan heatsink sebagai penyerap panas dan kipas sebagai pengusir panas pada heatsink. Hal ini dikarenakan GPU memiliki suhu optimal kerja dan tidak boleh terjadi overheat. Jika terjadi overheat, maka VGA card bisa rusak dan tidak dapat digunakan kembali.

Jenis-jenis VGA card

VGA card terbagi menjadi dua jenis menurut bentuknya, yakni VGA card on board dan VGA card add-on. VGA on board dapat anda jumpai di semua motherboard saat anda membeli komputer atau laptop karena sudah menjadi satu paket. VGA ini dapat anda gunakan untuk menampilkan output pada layar monitor dengan baik. Sebenarnya jika tidak melakukan pemrosesan grafis tingkat tinggi, kita tidak memerlukan VGA card add-on. Jika anda merasa VGA card on board anda kurang maksimal atau kurang canggih, anda bisa menambahkan VGA card add-on. Hal ini utamanya bagi anda para desainer grafis, editor film dan juga pemain game 3D.
Maka dari itu, keberadaan VGA card add-on adalah sesuai dengan kebutuhan anda. Ketika terlihat nyata bahwa VGA on board anda tidak mampu melakukan apa yang menjadi kebutuhan anda, maka VGA card add-on dapat ditambahkan. Namun ini hanya berlaku pada PC saja karena untuk perangkat lainnya tidak tersedia slot untuk penambahan VGA card add-on. Apalagi VGA card add-on juga membuat kebutuhan daya listrik pada komputer menjadi tinggi dan ini hanya bisa dipenuhi oleh PC saja. Dalam memutuskan VGA card yang akan anda gunakan, anda juga harus mengetahu kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Kelemahan dan kelebihan masing-masing VGA card

VGA card on-board memiliki kelebihan yakni sudah satu paket dengan motherboard, sehingga dipastikan tidak akan ada masalah dengan komputer anda ketika digunakan. Terlebih lagi, VGA card on-board bisa dikatakan gratis. Setiap anda membeli motherboard, pasti sudah terpasang VGA card on-board. Tentu saja ini sangat baik untuk anda yang memiliki budget terbatas dalam pembelian komputer. Sementara kekurangannya adalah VGA card on-board tidak memiliki memori sendiri. Hal ini berakibat “pemotongan” memori utama CPU atau laptop anda yang dikenal dengan RAM untuk digunakan oleh VGA. Jika RAM terbatas, tentu saja kinerja PC secara keseluruhan akan menjadi lambat.
Sedangkan untuk VGA card add-on, kelebihannya adalah bisa melakukan pekerjaan rendering berat dan tidak “memakan” memori utama atau RAM dalam CPU. Proses yang melibatkan grafis tidak akan membebani prosesor dan komputer anda akan lebih cepat dalam memproses sesuatu. Sedangkan kelemahannya adalah harganya mahal, bahkan bisa lebih mahal dari seperangkat motherboard ditambah dengan prosesor dan RAM. Selain itu, kelemahan lainnya adalah membuat komputer anda membutuhkan tenaga listrik lebih besar dari biasanya. Jika anda memiliki power supply yang kapasitasnya tidak besar, maka kinerja komputer tidak akan normal, sehingga anda diharuskan mengganti power supply dengan yang lebih tinggi dan tentu saja ini harganya tidak murah.
Demikian adalah artikel singkat pengenalan tentang VGA card. Semoga bermanfaat. (iwan)

Artikel Komputer Lainnya

Bagaimana Tips memilih VGA card yang baik itu? ketahui di siniBagaimana Tips memilih VGA card yang baik itu? ketahui di siniMemahami Fungsi dan cara kerja BIOS, ketahui di siniMemahami Fungsi dan cara kerja BIOS, ketahui di siniPengertian dan sejarah singkat GUIPengertian dan sejarah singkat GUIKetahui Panduan memilih prosesor yang sesuai karakter kamuKetahui Panduan memilih prosesor yang sesuai karakter kamuMemahami Pengertian FreewareMemahami Pengertian Freeware

Tidak ada komentar:

Posting Komentar