Sabtu, 06 Juli 2013

Apa yang dimaksud Troubleshooting komputer?

Info komputer terbaru – Troubleshooting komputer merupakan proses memecahkan masalah yang terjadi pada komputer. Berbagai masalah tersebut bisa terjadi pada hardware maupun software. Troubleshooting merupakan hal yang wajib untuk dipelajari bagi para teknisi komputer atau bahkan pengguna itu sendiri. ada kalanya kita sulit mengetahui berbagai praktik teknis dan akan lebih baik jika memiliki pengetahuan mengenai troubleshooting meskipun sedikit.

Metode pendeteksian troubleshooting komputer

Dalam mendeteksi troubleshooting komputer, anda memiliki dua metode yang bisa digunakan yaitu metode backward dan metode forward yang keduanya akan dijelaskan di dalam poin berikut.

Metode forward

Troubleshooting jenis ini dilakukan ketika komputer dirakit dan pada intinya dilakukan cek sebelum komputer tersebut jatuh ke tangan pembeli. Troubleshooting ini dilakukan dalam rangka melakukan cek fisik dan fungsi teknis apakah barang tersebut bermasalah atau tidak. cara ini diterapkan agar tidak ada complain dari para pembeli setelah mereka mendapatkan barang tersebut. beberapa bagian penting yang akan dicek dalam metode forwared ini adalah pengecekan inti-inti dari komputer hingga kabel apakah sudah terpasang dengan benar.

Metode backward

Ini adalah sebuah metode yang diterapkan dalam rangka melakukan cek terhadap komputer namun hanya dilakukan ketika komputer telah digunakan dalam periode waktu tertentu. Banyak komputer yangmengalami masalah ketika sudah lama digunakan dan banyak juga bagian yang seharusnya diganti. Nah, disinilah metode backward sangat bermanfaat untuk memperbaiki kinerja Anda. Dalam metode backward ada beberapa troubleshooting yang bisa anda lakukan antara lain sebagai berikut.
Pengecekan pengukuran
Pengecekan pertama dilakukan untuk memeriksa tegangan listrik pada motherboard, speaker, dan power supply dengan menggunakan multi tester. Cara ini dilakukan dalam rangka mengetahui seberapa besar tegangan listrik yang diterima atau yang diberikan oleh komponen-komponen tersebut.
Pengecekan suara
Ada banyak elemen troubleshooting yang berkaitan dengan suara. Anda harus mempelajari setiap bentuk suara dalam rangka menemukan masalah mengenai komputer anda. kode suara yang berbeda merupakan lambang masalah yang berbeda pula, sebagai contoh, ketika terjadi bunyi bip panjang dan pendek masing-masing satu kali, maka troubleshooting komputer menyimpulkan bahwa RAM anda sedang mengalami masalah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar