Jumat, 05 Juli 2013

Tips Merawat Flashdisk Agar awet

lashdisk yg kita tahu sebagai alat penyimpanan data dari komputer (music, videos, dokumen, file, dll) adalah sebuah perangkat portable karna bisa di bawa kemana-mana bentuknya yg sederhana pun tidak begitu memakan tempat. dengan kegunaannya yg sangat membantu ini, menjadikan flasdisk sebagai alat/barang yg wajib dimiliki oleh kebanyakan orang, seperti pelajar, mahasiswa, dan juga orang-orang yg pekerjaannya berhubungan dengan komputer.


Flasdisk juga memiliki berbagai macam bentuk, serta ukuran yg bervariasi, dan tentunya harga dan kualitasnya pun berbeda-beda. Kita perlu melihat pada bagian kualitas, karna dari kebanyakan flasdisk saat ini memiliki kualitas yg terbilang standar, dan tentunya ini akan menjadi faktor dimana flasdisk akan cepat mengalami kerusakan, tetapi tidak menjadi prioritas utama jika flashdisk yg kita gunakan cepat rusak akibat dari kualitasnya yg standar, tetapi juga dari faktor kita/pemakai yg tidak benar merawat flasdisk tersebut. Perlu kita ketahui kebanyakan flashdisk-flashdiks yg rusak, susah untuk dibenarkan kembali, dan jalan satu-satunya adalah membeli yg baru. Tentu kita tidak menginginkan hal tersebut, untuk itu saya akan berbagi sedikit tips cara merawat flashdisk yg benar, agar flashdisk tersebut bisa digunakan dalam jangka waktu yg lama.

1.Setiap kali ingin mencabut flashdisk dari perangkat komputer lakukanlah proses ejject terlebih dahulu, karna kebanyakan orang menyepelekan hal ini, padahal ini menjadi pengaruh besar terhadap kualitas flashdisk tersebut.

2.Hindari flashdisk dari benturan/terjatuh, ini menjadi hal yg rawan karna walau telah tertutup oleh casing, benturan yg cukup keras akan merusak komponen-komponen yg ada di dalam flashdisk tersebut.

3.Simpanlah flashdisk pada suhu yg normal, tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin. Dan juga simpanlah pada tempat yg bersih agar terhindar dari kotoran-kotan debu yg dapat mengakibatkan komponen didalamnya kotor dan berkarat.

4.Jangan terlalu sering mem-format flasdisk, jika ingin menghapus semua isinya hapus saja dengan cara manual, karna cara ini akan lebih aman.

5.Hindari Flashdisk Dari medan Magnet yg tinggi.

6.Jangan melakukan pengeditan sebuah file langsung dari flashdisk tersebut. copy-lah file yg akan diedit pada hardisk komputer, dan setelah selesai mengedit baru kalian pindahkan kembali kedalam flashdisk.

7.Jangan memasukan flashdisk pada perangkat tipe/speaker portable yg memiliki port USB, jika perangkat tersebut sudah sedikit rusak, karna pengaruh buruknya juga akan berdampak pada flashdisk tersebut, Dan yg pernah saya temui komponen di dalam flashdisk tersebut mutung/gosong pada bagian tertentu,dan saat dicoba komputer sudah tidak mendeteksi lagi adanya flashdisk tersebut.

Inilah beberapa tips yg bisa saya bagikan, dan mungkin jika pembaca mempunyai tips tambahan, bisa langsung coment pada artikel ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika ada yg kurang jelas dari artikel di atas, silahkan untuk bertanya melalui komentar di bawah ini.
Be

Tidak ada komentar:

Posting Komentar