Minggu, 07 Juli 2013

Ilmu Komputer dan Teknik Informatika?apa bedanya?

Ilmu Komputer dan Teknik Informatika?apa bedanya?

REP | 16 October 2012 | 18:48 Dibaca: 1831   Komentar: 6   1 Malam kompasianer, hari ini saya ingin share mengenai salah satu jurusan “favorit” di berbagai universitas. Saya mulai dengan apa itu Teknik Informatika?

Teknik Informatika adalah jurusan yang mempelajari bagaimana logika-logika matematika yang digunakan pada sistem informasi. Perancangan desain informasi, pembuatan software, web design, dll merupakan hal yang menjadi bidang garap jurusan ini Kemampuan di bidang matematika akan sangat diperlukan dalam mendalami bidang informatika, sedangkan apa itu ilmu komputer?
menurut Wikipedia, Ilmu komputer (bahasa Inggris: Computer Science), secara umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Ilmu komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisa abstrak algoritma sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak, termasuk perangkat keras. Sebagai suatu disiplin ilmu, Ilmu Komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer, dan rekayasa perangkat lunak (software), sementara teknik komputer lebih cenderung berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer (hardware). Namun demikian, kedua istilah tersebut sering disalah-artikan oleh banyak orang.
Prospek kerja keduanya pun berbeda apabila teknik informatika bekerja di berbagai perusahaan yang berkaitan dengan informasi dan komunikasi sangat membutuhkan jurusan ini, seperti PT Telkom, Indosat dan dapat bekerja mandiri sebagai programming, perancang web dll. Hal ini sedikit mirip dengan ilmu komputer yang bisa bergerak di
hampir di semua perusahaan karena pada saat ini tidak terlepas dari peranan komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar