Sabtu, 06 Juli 2013

Video Adaptor atau GPU

Video Adaptor merupakan komponen hardware komputer yang menghubungkan peralatan pemrosesan grafis dengan peralatan output berupa monitor. Pada komputer lama, pemrosesan grafis dilakukan oleh prosesor utama. Namun seiring perkembangan teknologi komputer sekarang ini, telah didesain komponen hardware video adaptor
Klik Untuk Berkunjung
dengan memiliki prosesor sendiri yang disebut GPU (graphic processor unit) atau chipset dan memori internal sehingga beban kerja prosesor utama menjadi lebih berkurang.
Fungsi GPU adalah:
  • Port penghubung peralatan proses data dengan peraltan output berupa layar/monitor.
  • Memaksimalkan fungsi layar sehingga dapat menampilkan grafis dalam resolusi dan kualitas warna terbaik.
  • Dapat mempercepat kinerja semua software operation system (Windows) dan software aplikasi grafis 2D & 3D (misalnya Adobe, Corel, 3D studio Max, atau Maya).
  • Menunjang penggunaan komputer untuk games yang saat ini sudah banyak berbasis pada software games 3 dimensi.
  • Menampilkan kualitas gambar terbaik untuk pemutaran film jenis CD & DVD.
Video Adaptor berupa chipset yang sudah terpasang pada motherboard dan dikenal dengan sebutan VGA on board atau GPU on board.
Video adaptor berupa board atau card yang dipasangkan pada slot PCI atau AGP pada motherboard yang disebut sebagai VGA card. Pemilihan jenis video adaptor ini disesuaikan dengan kepentingan dan kemampuan yang dimiliki oleh pengguna komputer. Berikut perbandingan kekurangan atau kelebihan setiap jenis video adaptor.
1. VGA on board

  • Tidak dapat dicabut atau digunakan pada komputer lain.
  • Menggunakan memori utama pada motherboard sehingga kapasitas memori utama pada komputer berkurang. Hal ini akan memperlambat kinerja komputer.
  • Jika terjadi kerusakan pada VGA on board, kita tidak bisa mengganti chipset VGA yang ada pada motherboard. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan memasang VGA card serta menonaktifkan VGA on board melalui setting yang ada pada BIOS motherboard.
  • Tidak perlu membeli atau menggunakan video adaptor card sehingga bisa lebih menghemat keuangan.
2. VGA card
  • Dapat dipindahkan dan digunakan untuk komputer lain.
  • Menggunakan memori tersendiri yang terpasang pada VGA card, sehingga kinerja memori utama tidak terganggu, sehingga tidak memperlambat kinerja komputer.
  • Jika terjadi kerusakan pada VGA card, cukup mengganti dengan VGA card yang baru.
  • Dapat memilih VGA card dengan merek, tipe, dan kapasitas memori tersendiri sesuai kebutuhan, tanpa bergantung pada jenis motherboard yang akan dipilih.
Berikut tipe VGA card dibedakan menurut slot yang digunakan pada motherboard:
  • VGA card PCI
Jenis VGA card PCI ini digunakan pada jenis komputer 486 hingga pentium II dengan memori 1 Mb sampai 32 Mb.
  • VGA card AGP (2x, 4x, 8x, dan 16x)
VGA card AGP yang dipasang pada slot jenis AGP pada motherboard dan menunjang kinerja komputer era pentium III & pentium IV. Jenis VG card AGP yang sering digunakan adalah VGA card AGP 8x dan 16x yang disesuaikan dengan jenis slot yang ada di motherboard. VGA card AGP memiliki memori 64 Mb, 128 Mb, 256 Mb, dan 512 Mb.
  • VGA card PCI express 16x
Merupakan pengembangan jenis VGA card jenis PCI yang mempunyai tampilan grafis lebih bagus dibandingkan dengan VGA card jenis PCI yang lama. Slot PCI express 16x hanya ada pada motherboard era Pentium IV hingga Pentium Core 2 Duo. Memori yang dimiliki hampir sama dengan jenis VGA card AGP, yang berkisar antara 128 Mb,hingga 512 Mb, tetapi tampilan grafis dan resolusi warnanya di layar lebih bagus dibandingkan VGA card jenis AGP.
DAFTAR SITUS MENARIK YANG SEBAIKNYA ANDA TAHU
Pada VGA card PCI express 16x ini, mempunyai kelebihan dapat menggunakan teknologi multi-GPU, yaitu memasang dua keping VGA card pada motherboard yang memiliki slot PCI epress 16x yang lebih dari satu slot. Teknologi ini menghasilkan resolusi dan kualitas grafis lebih bagus dibandingkan dengan VGA card single karena kedua card VGA bekerja saling bahu membahu untuk menghasilkan grafis tiga dimensi yang maksimal. Teknologi multi-GPU sangat membantu dalam rendering grafis tiga dimensi atau animasi dan sangat cocok untuk digunakan dalam aplikasi games 3 dimensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar